Bagaimana pengendalian tikus yang efektif?

Posted by Senin, 25 Agustus 2014 - 09:26,

Masyarakat kita saat ini masih menggunakan cara cara lama dalam hal pembasmian tikus,misalnya dengan menggunakan jebakan,atau nenggunakan umpan beracun yg lagsung membuat tikus mati sesaat setelah tikus makan umpan tersebut,hal itu tidaklah efektif mengingat tikus hidupnya berkoloni,apabila tikus ada yang terkena jebakan maka tikus yang lain tidaklah akan mau mendekat lagi,begtu juga dengan umpan yang  yang membuat tikus langsung mati,begitu ada tikus langsung mati karena makan umpan yag dipasang maka koloni yang lain tidak akan mau mendekat apalagi sampai mau makan,karena kedua hal tersebut sudah membuat tikus jera.

Adapun metode yang tepat yang biasa kami lakukan di tempat klien klien kami yaitu system Pengendalian tikus dengan cara kimiawi dan non kimiawi ,system pengendalian yang efektif  adalah yang tidak menimbulkan efek jera yakni dengan system  IPM (Integrated Pest Management)yakni system pengendalian hama terpadu berbasis ramah lingkungan. langkah yang dilakukan yakni menekan populasi tikus hingga minimum pada saat populasi tikus meningkat sesuai daur hidupnya. Sistem pengendalianya Menggunakan umpan beracun anticoagulant yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi manusia. umpan tersebut setelah dimakan akan bereaksi dengan merusak  pembuluh darah tikus dalam waktu 3-4 hari dan kemudian tikus akan mati. Cara ini dilakukan untuk menghindari efek jera pada tikus,sehingga sekuruh koloni diarea tersebut bisa terkendali dengan baik.

Pengendalian tikus secara non kimiawi dengan sanitasi lingkuangan seperti menyimpan bahan makanan ditempat yang tertutup, membuang sampah pada tempat sampah yang tertutup, serta membuat rat-roof di tempat-tempat yang diperkirakan tikus dapat masuk kerumah/bangunan.