Bagaimanakah tikus bisa menularkan beberapa penyakit tersebut?

Posted by Senin, 25 Agustus 2014 - 09:26,

Tikus merupakan hewan pengerat yang mempunyai pandangan yang buruk,sedangkan tikus tergolong binatang malam yaitu tikus yang lebih aktif pada malam hari,tapi tikus mempunyai daya penciuman yang sangat bagus sehingga untuk membantu tikus untuk berkeliaran maka pada saat berjalan tikus mengeluarkan urin atau kencing,hal ini tikus bertujuan agar tikus bisa kembali kesarangnya atau tidak sesat karena jalur tikus  tadi terbuat dari kencing tikus itu sendiri.sedagkan  jika kencing tikus itu bisa sampai nempel dilingkungan kita bahkan bisa mengkontaminasi air kita maka hal itu bisa menularkan penyakit ke dalam tubuh kita.

Pemberantasan tikus saat ini tidaklah mudah karena tikus memiliki sifat Neophilic yaitu tertarik dan menyelidik sesuatu yang baru, sumber makanan baru, sarang baru; bersifat neophobic yaitu sangat berhati-hati dengan segala sesuatu yang baru ditemukan serta memiliki sifat mudah jera. Untuk meminimalisir tikus dapat dilakukan dengan dua cara yakni dengan cara kimiawi dan non kimiawi.

Perlu diketahui bahwa perkembang biakan tikus sangatlah cepat.  Anak tikus dapat menjadi dewasa dalam waktu 2,5 bulan. Tikus betina dapat beranak hanya dalam 21 hari masa kehamilan terus melahirkan 6-9 ekor setiap kali melahirkan. Sedangkan tikus biasa melakukan perkawianan sesaat setelah melahirkan dan pejantan mampu kawin bergatian dengan 20 tikus betina dalam waktu 6 jam.